banner 728x250

Peduli Lingkungan, Pemuda Onelako, Dan Manulondo Gelar Kegiatan Bersih Bantaran Kali Ae Lengi

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

BERITA76 COM, ENDE – Kelompok Pemuda dari Kelurahan Onelako dan Desa Manulondo, yang dikenal dengan kelompok sinar, kelompok remaja mesjid, dan kelompok kompak gelar kegiatan bersih kali, disepanjang bantaran kali ae lengi, bantaran kali ini merupakan titik perbatasan antara desa manulondo dan kelurahan Onelako di kecamatan Ndona, kabupaten Ende. Kamis, 18/05/2023

Kegiatan sosial yang dilakukan ini, sebagai bentuk pemuda cinta lingkungan dalam melestarikan dan menjaga lingkungan dari pencemaran sampah dan limbah yang terkontaminasi dengan aliran air pada kali ae lengi.

banner 325x300

Yuventus Bari Ketua Kelompok pemuda Sinar mengatakan, kegiatan bersih kali ae lengi dilakukan karena kondisi kali tersebut sudah tercemar dengan sampah, limbah ternak dan limbah rumah.

Sehingga, dikatakan Yuven, timbul inisiatif pemuda di tiga dusun dari desa Manulondo dan kelurahan Onelako, untuk bersama sama melakukan kegiatan bersih kali di bantaran kali ae lengi.

“Karena kondisi air kali ini sudah tercemar dengan limbah ternak, limbah rumah masyarakat, dan sampah berserakan disepanjang pinggir bantaran kali ae lengi”, katanya.

Selain itu, tambah Yuven, sebagai tindak lanjut direncanakan dalam dua bulan sekali akan dilakukan kegiatan bersih kali, sebagai bentuk pemuda cinta lingkungan dan pihaknya juga akan bekerja sama dengan para RT, Lingkungan, KUB, serta komponen masyarakat lain guna melakukan himbauan ke masyarakat agar setiap rumah disekitar bantaran kali ae lengi untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk jangka panjangnya, kami akan bekerja sama dengan pihak desa agar bisa membuat kedalam bentuk peraturan desa supaya selain sampah, kandang ternak juga perlu diatur manajemen yang bagus sehingga limbahnya tidak langsung buang ke kali”, ujarnya.

banner 325x300