banner 728x250

Soal Dugaan Korupsi Dana Hibah, Ketua Harian KONI Fery Taso : Tuduhan Itu Tak Ada

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Ende,(Berita.76.com),-Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI, red,-) kabupaten Ende membantah adanya dugaan tindak pidana korupsi dana hibah pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun anggaran 2021 /2022 sebesar Rp 2,1 Milyar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KONI kabupaten Ende, Fransiskus Taso melalui pesan WhatsApp yang diterima tim media ini Jumad pekan lalu.

banner 325x300

Menurut Fery Taso, kasus ini mencuat ketika ada laporan dari masyarakat kepada penyidik Polres Ende bahwa dirinya selaku ketua dan Yulius Sesar Nonga selaku bendahara KONI serta Sabri Indradewa selaku ketua ASKAB Ende / ketua PERSE Ende diduga telah melakukan tindakan melawan hukum.

Merespon atas informasi itu, penyidik kemudian mengundang sejumlah pejabat di KONI, para pengurus Cabang Olaraga dan sekda Ende, Agustinus Gadja Ngasu selaku ketua TAPD untuk melakukan klarifikasi.

Saya sendiri sudah menghadiri undangan klarifikasi dari Penyidik tentang bagaimana proses pencarian (dana) di KONI, itu aja. Tidak ada yang lain-lain,“tulis Fery Taso.

Fery Taso yang saat ini sedang menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Ende ini menegaskan, tuduhan terkait dengan dugaan korupsi itu sama sekali tidak ada. Pemeriksaan yang dilakukan penyidik Polres Ende hanya sebatas menindaklanjuti informasi yang disampaikan masyarakat.

Jadi tuduhan-tuduhan itu tak ada, meski demikian, sebagai aparat penegak hukum tentu pihak Kepolisian tetap membutuhkan klarifikasi sesuai informasi itu,” jelasnya.

Masih menurut Fery Taso, dihadapan penyidik,dirinya telah memberikan keterangan seluruh proses pencairan dana hibah tahun anggaran 2021/2022.

Pada tahun anggaran 2001/2022 menurut Fery Taso, pemerintah kabupaten Ende mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 2,1 Miliar ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI, red,-) kabupaten Ende. Dari Rp 2,1 milyar itu pihak KONI lanjut Fery Taso, kemudian mengalokasikan dana sebesar Rp 200 juta ke ke 14 cabang olaraga (cabor, red,-) yang di dalamnya juga ada dana untuk operasional KONI sebesar Rp 37 juta.

Selain ke cabor, KONI juga telah menyerahkan uang sebesar Rp 250 juta ke ketua PERSE dan ASKAB Ende untuk menyelenggarakan kegiatan Liga pelajar.

banner 325x300