banner 728x250

Masyarakat Akar Rumput  Dan Relawan Dukung Yance Ndaumanu Maju Jadi Calon Wali Kota Kupang

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

KUPANG, Berita 76.Com, – Kader Partai Demokrat, Yance Ndaumanu didorong masyarakat akar rumput dan relawan pendukung untuk maju Calon Wali Kota Kupang pada Pilkada Kota Kupang pada bulan November 2024 mendatang.

Ditemui wartawan di bilangan Kayu Putih Kota Kupang pada Rabu, 17 April 2024,  Yance mengaku akhir-akhir ini dirinya sering didatangi masyarakat dari berbagai kelurahan, mendorog dirinya ikut bertarung di Pilkada Kota Kupang tahun 2024 ini.

banner 325x300

“Saya sangat menghargai dan menghormati aspirasi masyarakat yang berkembang saat ini, saya sangat berterimakasih. Namun sebagai kader, saya mesti tunduk dan patuh pada mekanisme sistim penjaringan Calon Walikota yang sedang dilakukan oleh Partai Demokrat dengan sistim yang sangat ketat.

Tetapi saya juga tidak tega menolak dukungan besar dari masyarakat akar rumput yang selalu mendorong saya untuk maju,” aku Yance Ndaumanu.

Ia menjelaskan, bahwa dorongan tersebut dari masyarakat masyarakat telah membuat hatinya mulai mengakar kuat untuk maju. Namun secara pribadi, dirinya belum merundingkannya secara serius dengan keluarga besar dan Isteri serta anak-anak.
Sebagai langkah awal, lanjutnya, ia sedang menyiapkan batin untuk bergumul dalam Doa, meminta petunjuk Sang Maha Kuasa. Karena bagi Yance, jabatan dan kuasa serta keberhasilan hidup setiap orang termasuk dirinya oleh karena kemurahan Tuhan.

“Karena itu, doa pergumulan minta petunjuk, akan menuntun dan melancarkan langkah saya untuk mendaftarkan diri, maju sebagai kandidat Calon Wali Kota Kupang,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini proses penjaringan di internal partai sedang berjalan sesuai mekanisme partai. Ada syarat-syarat umum dan khusus yang menjadi patokan bagi seorang Calon Walikota Kupang.

Secara umum, kata Yance, figure calon harus memiliki integritas diri yang cukup, memiliki kredibilitas diri yang baik dimata public, memiliki karakter pemimpin yang kuat dan berpotensi mampu mengakomodir semua unsur kekuatan masyarakat agar dijadikan pedoman membangun kota Kupang kedepan.

“Dan yang amat penting lagi, apakah seorang figure tersebut sudah pernah berbuat banyak untuk masyarakat ?” ujarnya.

Terkait syarat syarat-syarat tersebut, Yance mengaku sebagai manusia, tentu dirinya tidak sempurna. Namun dirinya punya niat tulus dan jujur untuk melayani masyarakat Kota Kupang guna mendapatkan hidup yang lebih baik lagi.

“Terkait syarat-syarat itu, tergantung penilaian partai pada saya sebagai kadernya. Saya telah menjalankan amanah partai sebagai pelayan rakyat selama menjadi anggota DPRD Kota Kupang. Dan tentu partai telah mengamati perjalanan politik saya selama ini,” bebernya.

Jika pada akhirnya dirinya definitif maju Calon Wali Kota Kupang, isu yang akan menjadi perhatian utamanya yaitu persoalan ekonomi masyarakat kecil, yang membuat mereka tak berdaya karena bergulat antara memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan mendorong anak-anak mereka untuk meraih pendidikan yang layak.
Karena itu, kata Yance Ndaumanu, menurut persoalan ekonomi harus menjadi perhatian serius untuk diperjuangkan secara maksimal sehingga masyarakat bisa berusaha secara berdikari, mandiri, dan Sejahtera yang berkesinambungan.
Kepada mereka yang siap menjadi relawannya, Yance menyampaikan banyak terimakasih, terkutama kepada warga masyarakat kota kupang yang selama ini peduli dan mendorongnya maju sebagai Kandidat Calon Walikota Kupang.

“Saya tentu siap sesiap-siapnya untuk maju sebagai calon, namun tentunya sebagai kader Partai, saya juga harus patuh terhadap mekanisme penjaringan yang sedang berlangsung,” jelasnya lagi.

Biografi
Gustaf Yance Ndaumanu Lahir tahun 1956 dari pasangan orang tua: ayahnya bernama Filmon Ndaumanu dari Suku Rote, dan ibunya bernama Elisabeth Banik dari Alor. Yance menamatkan Sekolah Dasar atau SD Tahun 1969, tamat STN Kupang tahun 1973, dan tamat STMN Kupang Tahun 1975.
Ia pernah Pendidikan tinggi di Akademi Perikanan Jakarta selama 3 tahun yaitu tahun 1976 sampai 1979. Lalu ditahun 1979 ia kembali ke Kupang.

Selanjutnya merantau ke Timor –Timur (sekarang Negara Timor Leste) dan diangkat menjadi PNS di Timor-Timur.
Di Timor-Timur, Yance Ndaumanu menikah dengan isterinya bernama Maria Liliana Maia. Hasil perkawinan mereka dikarunia 3 orang anak yakni Jenly Ndaumanu dan Christian Ndaumanu serta Johan Ndaumanu.
Pada tahun 1999 oleh karena peristiwa referendum di Timor-Timur dan berhasil menjadi merdeka menjadi sebuah negara, maka Yance bersama keluarganya memilih kembali ke Kupang.

banner 325x300