banner 728x250

Diduga CV. Bukit Mas Gunakan Kerikil Kali Berlumpur Sebagai Agregat B di Proyek Jalan Kelurahan di Kota Kupang Senilai Rp 6 Milyar Kota Kupang Senilai Rp 6 Milyar

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Kota Kupang,(Berita76.com),- Diduga CV. Bukit Mas mengerjakan jalan Kelurahan di Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT dengan menggunakan material berupa kerikil kali bulat bercampur pasir dengan kandungan lumpur tinggi sebagai agregat B. Proyek HRS/Hot Roller Sheet Base (Hotmix, red), senilai Rp 6.078.303.000,00.- (enam miliar tujuh puluh delapan juta tiga ratus tiga ribu) yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kita Kupang tersebut, menyebar di 4 Kelurahan, yakni Bello, Sikumana, Fatukoa, dan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

banner 325x300

Berdasarkan pantauan lapangan Tim media ini pada Senin (31/07//2023) hingga Sabtu 05/08/2023, di Kelurahan Sikumana, ada 3 (tiga) ruas jalan dengan total panjang sekitar 8 ratus meter yang sedang di kerjakan oleh CV. Bukit Mas sebagai kontraktor pelaksana. Tiga ruas jalan tersebut yakni Jl. Sikumana RT. 29, Jl. Oe Kalipi dan Jl. Oe Ekam.

Seperti disaksikan Tim media ini, CV. Bukit Mas mengerjakan jalan kelurahan sekitar 400 meter di RT. 29 (Cabang SMPK St. Familia, red) dengan menggunakan material berupa lapisan sertu putih, sebagai Urukan Pilihan (Urpil). Di atas Urpil itu, dilapasi Kerikil bulat bercampur pasir dengan kandungan lumpur yang tinggi. Diduga lapisan berlumpur tersebut dijadikan sebagai Agregat B oleh CV. Bukit Mas.

Kandungan lumpur yang tinggi itu terlihat ketika dilakukan pemadatan menggunakan Vibro Roller (Walas). Saat itu, lapisan material berupa kerikil kali bulat tersebut disiram air oleh satu unit Mobil Tanki. Setelah disiram air digilas oleh Vibro. Saat digilas, kandungan lumpur dalam kelikir kali naik ke atas permukaan lapisan tersebut.

Akibatnya, permukaan lapisan itu tampak becek dan licin. Kandungan lumpur yang tinggi tersebut juga tampak pada sisi pinggir kiri-kanan ruas jalan. Kondisi yang sama juga terlihat diseluruh permukaan lapisan yang dikerjakan oleh CV. Bukit Mas di ruas tersebut.

Kemudian tim media ini memantau pekerjaan yang sama Jl. Oe Ekam. Di ruas jalan ini dikerjakan sekitar 300 meter. Tampak material yang sama juga digunakan oleh CV. Bukit Mas.

Terlihat lapisan sertu putih sebagai Urpil dan kerikil kali bulat bercampur pasir dan berlumpur. Lapisan berlumpur ini diduga dijadikan sebagai lapisan agregat B.

Di permukaan lapisan yang telah di Gilas/dipadatkan ini, tampak lumpur yang menebal di permukaan lapisan hingga sekitar satu centi meter (cm).

banner 325x300