banner 728x250

Hadirkan Presiden Jokowi Ke Ende, Bupati Djafar Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sektor pariwisata

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Ende,Berita 76.com,-‘ Sektor Pariwisata adalah salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pasca kunjungan Presiden Jokowi ke kabupaten Ende beberapa pekan silam.

banner 325x300

Kehadiran orang nomor satu di negara ini intuk menjadi inspektur upacara memperingati hari lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2022 lalu membawa efek domino yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi terutama di sektor parawisata di kabupaten Ende.

Hasil investigasi Berita.76.com menemukan data yang termuat pada Publikasi Ende Dalam Angka Tahun 2023 pada Badan Pusat Statistik (BPS,red,-) kabupaten Ende tertera pertumbuhan ekonomi pada lapangan usaha terutama pada para penyedia akomodasi dan makan minum meningkat cukup signifikan pasca kunjungan Presiden Jokowi.

Di tahun 2021 misalnya, laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Ende bertumbuh hanya sebesar 3,72 persen namun pertumbuhan ekonomi kabupaten ini akhirnya melejit di tahun 2022.

Pada tahun 2022 lalu pasca kunjungan Presiden Jokowi, laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Ende mengalami akselerasi menjadi : 17,14 persen atau mengalami peningkatan setinggi 78,30 persen.

Menanggapi data pertumbuhan ekonomi tersebut,Bupati Ende Drs. Djafar H Achmad,MM yang berhasil ditemui di ruangan kerja pada Rabu (5 /04/2023),mengakui bahwa ada ribuan jumlah pengunjung  yang datang dari luar kabupten hanya untuk melihat secara langsung wajah presiden Jokowi.

Keinginan itu lah yang menuntut mereka harus menguncurkan biaya untuk biaya penginapan dan makan-minum, sovenir dan lain-lain nya, sehingga pembelanjaan para pelancong ini menjadi rejeki penduduk kabupaten Ende ” paparnya.

Sambil membetulkan posisi duduknya, Bupati Djafar mengungkapkan, faktor lainnya adalah adanya pembiayaan operasional untuk rombongan Presiden Jokowi itu sendiri. Biaya operasional rombongan itu  tentu saja membawa pundi-pundi rupiah terhadap pelaku ekonomi rumahtangga di Ende seperti cendramata,sovenir,biaya penginapan, transportasi charter, dan rumah makan, sementara industri rumahtangga sendiri seperti tenun ikat berupa lembaran sarung dan salendang yang bermotif juga menjadi sasaran utama dari para rombongan tersebut. Selain adanya peningkatan jumlah wisatawan domestik bupati Djafar juga menegaskan ada juga peningkatan kunjungan wisata dari wisatawan mancanegara yang cukup signifikan.

Dirinya pun kemudian mengeluarkan dan menunjukkan kepada tim media data kunjungan wisatawan di kabupaten Ende. Dari data tersebut terlihat, pada tahun 2021,total wisatawan sebanyak : 33.702 orang dan meningkat menjadi 79.530 orang di tahun 2022, atau meningkat 135,98 persen.

Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung di Ende ini tentu saja membawa dampak pada penyediaaan akomodasi yang terus bertambah. Di tahun 2021 lalu, jumlah akomodasi di Ende hanya sebanyak 54 buah tetapi jumlah tersebut meningkat menjadi 85 di tahun 2022 atau mengalami peningkatan akomodasi sebesar 36,47 persen.

banner 325x300