banner 728x250

Bupati Ende Dapat Penghargaan Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Terbaik 2023

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

“Kondisi yang demikian tentu menuntut kami sebagai bupati untuk dapat mengelola APBD secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah peningkatan efektivitas dan efisiensi pemerintah, dengan menjamin APBD yang fokus dan tepat sasaran serta berorientasi pada hasil, bukan lagi output. Artinya, kami harus menjamin bahwa setiap rupiah yang digunakan untuk membiayai program dan kegiatan, harus memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, utamanya meningkatkan kesejahteraan,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Djafar, efektivitas dan efisiensi dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Efisiensi harus dibangun secara sistemik, bukan melalui kebijakan-kebijakan temporal yang mengakibatkan pelaksanaannya tidak berkelanjutan.

banner 325x300

Bupati Djafar menyatakan, bahwa untuk mendapatkan hasil kinerja dan efisiensi terbaik, Pemkab Ende menjalankan dengan ketat amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN, Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional.

“Kelima peraturan perundangan tersebut mengamanatkan kami untuk menciptakan akuntabilitas berorientasi hasil sebagai pengejawantahan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. Melalui SAKIP, kami mendorong semua OPD untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan ENDE MANDIRI SEJATERA DAN BERKEADILAN melalui: perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien; serta monitoring dan evaluasi hasil – hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” terang Djafar.

Usai menerima penghargaan tersebut Bupati Djafar menyampaikan terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas kepada Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede, Sekda Ende, Agustinus G. Ngasu, dan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah dan para staf yang terlibat secara langsung dengan sepenuh hati untuk menunjukkan kinerja terbaiknya, sebagai wujud komitmen dan semangat kinerja birokrasi yang kuat dan solid dengan berpedoman pada visi bupati mewujudkan Ende yang berdaya saing, maju, dan sejahtera.

“Alhamdulillah tahun ini Ende dapat meningkatkan predikatnya menjadi B, semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan bagi kita semua untuk berusaha meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujarnya lagi. (tef)*

banner 325x300