banner 728x250

Kisah Seorang Guru Flores

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Serba-serbi Oleh : Stef Bata/ Wartawan  Tinggal Di Ende

Pulau Flores, khususnya Maumere perna dikenal sebagai daerah asal para guru dan pengajar yang terbaik. Tradisi mengirim guru mengajar dari Maumere, ibu kota kabupaten Sikka ke wilayah lain sudah dimulai sejak akhir tahun 1920- an ketika guru Mayor da Gomez, guru Roma, guru Pareira dan seangkatan mereka lainnya pergi mengajar ke Manggarai dan Ngada ataupun ke daerah lainnya.

banner 325x300

Pada tahun 60-an terdapat beberapa orang guru handal asal Maumere yang datang mengajar di Jakarta,di antaranya: guru Thomus da Lopez, guru Babang da Cunha, guru Stanis Bao, guru Edu Nirang Karmoy dan lain lain. Bisa jadi mereka ini datang mengajar di Jakarta dalam rangka kerjasama antar Keuskupan. Memang saat itu sekolah – sekolah Katolik di Jakarta masih minus guru – guru yang beragama Katolik.

Suatu sore sekitar tahun 70-an, seorang guru asal Maumere yang bekerja di sekolahan Strada jalan Gunung Sahari baru pulang mengajar. Karena jarak tempuh tidak terlalu jauh atau mungkin akibat keterbatasan ongkos transport maka pa guru ini berjalan kaki saja kembali ke kediamannya di bilangan Cempaka Putih. Kasihan,  guru Wara yang asli dari Lio ini ternyata sedang ketiban apes hari itu. Ketika ia persis melintas di depan stasiun kareta Api (KA,red) Senen pas kebetulan sedang dilakukan razia calo tiket kereta api terhadap preman dan calo yang biasa mangkal di situ.

Mungkin karena warna kulit hitam dan rambut keriting, maka guru Wara yang sebenarnya amat lembut dan baik hati ini akhirnya ikut terjaring razia pula.

Polisi pun segera menggiring para calo dan preman tersebut ke kantor Polsek Senen yang berada di samping stasiun KA Senen. Jumlah calo dan preman yang terjaring adalah 11 orang, termasuk guru Wara. Di Polsek Senen, ini sebagaimana biasa saat itu, para calo dan preman yang terjaring ini rencananya akan di drill fisik dengan push up, scout jump dan lain lain untuk menimbulkan efek jera.

Namun sebelumnya polisi terlebih dahulu akan memeriksa dan mengambil data data mereka satu per satu.

banner 325x300