banner 728x250

Dermaga Ende Rusak Total, Bupati Djafar Pindahkan Aktivitas Bongkar Muat Ke Pelabuhan Ippi

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

ENDE,Berita 76.com,-  Badai dan  gelombang pasang  tinggi  yang terjadi hampir sepekan, mengakibatkan insiden benturan keras antara kapal ro – ro KM. Dharma Rucitra  di dermaga Ende. Insiden itu pun mengakibatkan lambung kiri  kapal ro-ro  KM Dharma Rucita 8 mengalami  pecah/sobek sementara dermaga Ende pun rusak total dan tidak bisa digunakan.

Seperti  yang disaksikan media ini,  pada bagian depan dermaga Ende terjadi keretakan dan pecah sekitar 100 meter. Sementara itu tiang demaga pun terombang ambing saat diterpa ombak. Sebagian bangunan dermaga pun nampak pacah dan berlubang menganga. Hampir seluruh bangunan dermaga yang dibangun oleh PT. Pelindo sejak puluhan tahun silam itu nampak rapuh . Terlihat bongkahan-bongkahan bangunan dermaga terlihat jatuh saat diterpa ombak .

banner 325x300

Sekitar 800  meter dari bibir dermaga, nampak KM. Dharma Rucitra berlabu . Nampak ada sobekan /pecah bagian kiri lambung kapal tersebut. Terlihat pula beberapa petugas yang sedang melakukan perbaikan ( las, red,-  ) lambung kapal tersebut. Kapal ro – ro itupun terlihat terombang-ambing akibat cuaca saat ini masih belum kondusif.

Melihat hal tersebut, Bupati Ende, Drs Djafar Achmad tidak tinggal diam. Dirinya pun langsung melaporkan kejadian itu  kepada menteri Perhubungan dan Dirjen,Penjabat  Gubernur NTT dan pemilik Kapal Dharma Rucita.

Hasil komunikasi itu memutuskan agar seluruh aktifitas bongkar muat maupun embarkasi penumpang semuanya dipindahkan ke Pelabuhan Ippi.

Hal ini diungkapkan Bupati Ende, Drs Djafar Achmad kepada sejumlah wartawan di rumah Jabatan pada Sabtu, (16/3/2024).

Bupati Djafar yang saat itu didampingi Sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, Ibrahim mengungkapkan bahwa kerusakan dermaga Ende itu terjadinya saat badai sehingga terjadi insiden berupa benturan dengan KM Dharma Rucitra yang terjadi pada Senin (12/3/2024) sekira pukul 17.30 Wita.

Akibat benturan tersebut membuat lambung kiri kapal ro-ro  KM. Dharma Rucita sobek dan kondisi Dermaga Ende rusak parah sehingga tidak memungkinkan bagi kapal baik kapal penumpang maupun barang melakukan embarkasi.

“Kerusakan mencapai kurang lebih 100 meter sehingga perlu waktu yang cukup panjang untuk melakukan perbaikan dan sambil menunggu proses perbaikan maka semua embarkasi baik penumpang maupun barang yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Ende akan dipindahkan ke Pelabuhan Ippi,”kata Bupati Djafar.

banner 325x300