banner 728x250

Kolaborasi Bersama Yayasan, Dinas P Dan K Ende, Siap Majukan Bidang Pendidikan

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Berita76.com, Ende – Agar Pertumbuhan Pendidikan di kabupaten Ende berjalan baik maka dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat dan  komponen-komponen penting di kabupaten ini. Hal ini sangat diperlukan  agar pertumbuhan pendidikan di daerah ini bisa  menoreh dan melahirkan prestasi di kalangan para pelajar itu sendiri. Dorongan untuk peningkatan kualitas baik dari guru maupun para siswa juga sangat penting dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Metildis Mensi Tiwe dihadapan tamu undangan yang terdiri  oleh seluruh Ketua Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan di Dikdas dari tingkat sekolah Taman kanak kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama.

banner 325x300

Kegiatan tersebut dilaksanakan  pada Jumad (14/07/2023) bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende. Seperti yang disaksikan tim media ini, acara tersebut dihadiri oleh 16 pengurus dan ketua Yayasan dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Mensi Tiwe.

Dihadapan para pengurus Yayasan tersebut, Kadis Mensi Tiwe menekankan tentang pentingnya tugas seorang Kepala Sekolah sesuai Permendikbud 40 tahun 2021, dengan semangat menumbuhkan mutu pendidikan, bisa menjadikan sekolah yang berkualitas.

“Setidak tidaknya walaupun kewenangan menentukan kepala sekolah merupakan kewenangan satuan pendidikan yang dikelola oleh masyarakat itu atau yayasan itu sendiri tetapi alangkah baiknya kalau disana ada guru penggerak kita dorong meminta yayasan untuk mengangkat mereka menjadi kepala sekolah”, terangnya.

Untuk mencapai itu, Mensi Tiwe beberkan, dalam waktu dekat tanggal 17 Juli 2023 akan dibuka seleksi guru penggerak angkatan 10, momentum ini para Ketua Yayasan bisa mendorong tenaga pendidik di sekolah asuhan yayasan tersebut, untuk bisa mengikuti seleksi sebanyak banyaknya.

Ia kembali menyampaikan bahwa momentum pertemuan dengan para ketua yayasan merupakan sejarah baru pendidikan di kabupaten Ende, dimana pemerintah melalui dinas teknis mengundang para ketua yayasan karena, sejatinya pendidikan bila didukung para pihak, ikut bertanggung jawab, dan berkolaborasi bersama, maka program pemerintah bidang pendidikan dapat mengikuti perkembangan dari pendidikan itu sendiri.

“Ini adalah satu kebangkitan dan kekuatan baru, sehingga tanggung jawab pendidikan di kabupaten Ende ini tidak hanya pada dinas sendiri, kita bersatu, berkolaborasi segala hal, tidak hanya urusan yang bersifat formal tetapi non formal lainnya juga”, pukasnya.

Momentum bersama para Ketua Yayasan, tambah Mensi, perlunya transformasi pendidikan, kerja sama, kolaborasi, bersama masyarakat pengelola satuan pendidikan dalam hal ini yayasan, dalam program mardeka belajar.

“Ada komitmen bersama antara pengelola pendidikan oleh masyarakat dengan pemerintah untuk berbarengan sehingga target untuk pendidikan di kabupaten Ende bisa dicapai dengan harapan bersama”, tandasnya.

banner 325x300