banner 728x250

Melki Laka Lena Bersama YTMI Salurkan Bantuan Kesehatan Di Sejumlah Puskesmas Kota Ende

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

ENDE, BERITA76.COM – Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) Kabupaten Ende sambangi beberapa Puskesmas dalam  kota Ende untuk menyerahkan bantuan kesehatan berupa peralatan Rapid Antigen sebanyak 17.920 pcs, dalam rangka membantu pemerintah, untuk percepatan vaksinasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan ini merupakan hasil kerja sama antara Emanuel Melkiades Laka Lena atau Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan YTMI.

Seperti yang disaksikan tim media ini, hadir dalam penyerahan bantuan ini dari YTMI wilayah Ende, Kordinator YTMI Ende Megy Sigasare, dan pengurus YTMI Ende Maria S. Ndeang, dan Kartika Natzir Suwety, dan bantuan tersebut langsung diterima oleh Kepala Puskesmas di masing masing Puskesmas. Senin, 16/01/2023.

banner 325x300

Kepala Klinik Martin De Porres, Suster Maria Ernesta menyampaikan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan, sehingga pihaknya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan berupa peralatan Rapid Antigen, Lanjutnya Suster Maria, masih ada permintaan dari masyarakat yang mau divaksin, khusus kepada masyarakat yang akan bepergian.

“Kedepan, bisa memperhatikan terhadap masyarakat yang akan bepergian, karena sebelum berangkat”, ujarnya.

Sedangkan Kepala Puskesmas Onekore, Florentinus Hendrianto menyampaikan terimakasih bantuan karena telah memberikan bantuan, ia juga katakan bantuan rersebut bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi meskipun pandangan masyarakat Kabupaten Ende bahwa covid 19, sudah tidak ada.

“Sebenarnya, covid itu tidak akan pernah hilang, jadi covid itu selalu ada, memang kasusnya sudah turun, jadi kita berjaga jaga karena varian baru sudah masuk Indonesia jadi pasti cepat kan, karena mobilitas penduduk sangat tinggi”, ungkapnya.

Dirinya katakan bantuan tersebut akan sangat bermakna apabila ada yang mengalami atau terkonfirmasi kasus covid 19. Ia juga mengharapkan, Pemda serta masyarakat, ditengah aktivitas yang kembali normal seperti ini, tetap membentengi diri dengan cara pakai masker, dan vaksin.

“Jangan lupa pakai masker, dan cari vaksin karena vaksin sudah ada lagi dan cukup banyak, silahkan cari vaksin”, pukasnya.

Terkait banyak masalah kesehatan yang perlu jadi prioritas, Florentinus beberkan, penting menjadi perhatian seperti, stunting, persiapan alat, mungkin melalui Melki Laka Lena, bisa berbagi Alkes pendukung untuk bisa di distribusikan di desa desa yang memang banyak polindes dan posyandu masih kekurangan alat kesehatan pendukung stunting.

Kepala Klinik Polres Ende dr. Stefani Elin menyampaikan terimakasih kepada Melki Laka Lena yang telah menyalurkan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan anggota Polres Ende.

Ia katakan, kedepan bisa memperhatikan pada penanganan kasus stunting yang masih terbilang tinggi, walaupun kasus stunting di NTT sempat mengalami penurunan.

“Mungkin bisa ke dukungan Nutrisi untuk keluarga yang kurang mampu, juga mungkin untuk pengawalan sarana kesehatan air bersih, mungkin yang dibutuhkan menurunkan angka stunting di kabupaten Ende khususnya, juga NTT dan Indonesia”, bebernya.

Koordinator Yayasan Tunas Muda Indonesia Kabupaten Ende, Megy Sigasare mengatakan YTMI bersama Partai Golkar Kabupaten Ende menyerahkan bantuan peralatan kesehatan berupa Rapid Antigen sebanyak 17.920 pcs, untuk puskesmas yang tersebar di dalam kota Ende.

Bantuan untuk puskesmas yang diserahkan diantaranya, kata Megy, Puskesmas Onekore, Puskesmas Rewarangga, Puskesmas Kota, Puskesmas Kota Ratu, Klinik Martin De Pores, Klinik Polres Ende, dan Puskesmas Rukun Lima.

“Bantuan swap antigen ini utk membantu Pemerintah terkait percepatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat apabila dibutuhkan”, ujarnya.

Megy berharap, usulan yang  diterima pada saat penyerahan bantuan, seperti ketersediaan bantuan untuk mendukung percepatan penanganan stunting, Alkes, makanan tambahan untuk BUMIL dan balita,  bisa terlaksana untuk disalurkan dalam rangka menekan angka stunting di Ende.

Megu juga mengucapkan terimakasih kepada Melki Laka Lena Wakil Ketua Komisi IX DPR RI karena telah peduli dan memberi perhatian untuk kabupaten Ende. (B76/Tim)

banner 325x300