banner 728x250

Masyarakat Ende Lio Diaspora Jabodetabek Selenggarakan Ritual Gawi Sia

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,(Berita76.com),- Perkumpulan Wuamesu Indonesia, organisasi diaspora Ende Lio Nusa Tenggara Timur (NTT) di Jabodetabek (Jakarta–Bogor–Depok–Tangerang–Bekasi) menyelenggarakan ritual budaya GAWI SIA. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Badan Hukum Wuamesu Indonesia ke-8 dan HUT Provinsi NTT ke-65. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperkuat jati diri Budaya Ende Lio-Flores.

banner 325x300

Ritual tersebut diadakan di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu, 1 Juli 2023 dan dihadiri 1000 masyarakat diaspora Ende Lio SEJABODETABEK.

Ritual adat GAWI adalah suatu persembahan yang terdiri dari gerak, rasa, dan lagu yang dipentaskan secara dinamis dan bersinambungan oleh laki-laki dan wanita. Ritual ini dipimpin oleh seorang penutur yang disebut Ata Sodha.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan Provinsi NTT di Jakarta, didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu, hadir juga perwakilan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan tokoh-tokoh dari Provinsi NTT di Jabodetabek.

Menurut Ketua Umum Wuamesu Indonesia, Yosef Badeoda, GAWI merupakan ritual adat yang memiliki peran penting dalam komunitas masyarakat Ende Lio dan menjadi titik sentral kebudayaan Ende Lio secara umum.

GAWI mencerminkan seluruh aspek kehidupan masyarakat penganutnya. Ritual ini mengandung filosofi mendalam tentang nilai-nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kepemimpinan, keterwakilan, dan keadilan sosial ” tandasnya

Nilai-nilai dalam GAWI, kata Yosef, diduga menjadi inspirasi bagi Soekarno dalam menciptakan ide dan gagasan tentang Pancasila. Hal ini menjadikan kota Ende dijuluki sebagai kota Pancasila.

banner 325x300