banner 728x250

Beredar Kabar Mendagri Tetapkan Agustinus Ngasu Jadi Pj Bupati Ende

Berita76.Com
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta,Berita76.com,– Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri, red,- ) dikabarkan telah menetapkan Dr.dr. Agustnis Gadja Ngasu,M.Kes,M.M.R menjadi Penjabat Bupati (Pj, red,-) Ende menggatikan Bupati Ende saat ini yakni Drs. Djafar Ahmad. Agustinus Ngasu sebelumnya menjabat sebagai Seketaris Daerah Kabupaten Ende.

Informasi yang diperoleh tim media ini dari sumber di Kementrian Dalam Negeri menyebutkan, Mendagri Tito Karnavian telah menyetujui dan menetapkan Gusti Ngasu sesuai usulan dari Pemerintah Propinsi NTT, menindaklanjuti usulan dari lembaga DPRD Ende.

banner 325x300
Hiparkus Heppi
Hiparkus Heppi ( Plt. Sekda Ende)

“Iya benar, pak Mendagri sudah tetapkan Gusti Ngasu sebagai Pj Bupati Ende “ kata salah satu staf di Kemendagri yang menolak namanya disebutkan.

Sumber Kemendagri itu mengungkapkan, pelantikan Gusti Ngasu sebagai Pj Bupati Ende akan dilaksanakan oleh Penjabat Gubernur NTT pada tanggal 30 Desember 2023.

Sebelumya, seluruh Fraksi di lembaga DPRD Ende yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi Hanura, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS /PAN, fraksi Golkar dan fraksi Gerindra sepakat mengusulkan 4 calon penjabat Bupati Ende menggatikan Drs.Djafar Ahmad diantaranya yaitu Agustinus Gaja Ngasu (Sekda Ende, red,-) Sulastri Resyid (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT, red,-), Yoseph Rasi (Kepala Dinas Sosial Propinsi NTT, red,-), Gabriel Manek (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Propinsi NTT, red,-). Rapat fraksi akhirnya memutuskan tiga nama calon Pj Bupati Ende masing-masing atas nama Agustinus Gadja Ngasu, Sulastri Resid dan Viktor Manek ke Pemerintah Propinsi NTT.

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber yang sangat layak dipercaya menyebut, jika usulan DPRD Ende itu direstui oleh Mendagri, maka Gusti Ngasu dikabarkan telah menyusun ‘Kabinet” bayangan guna membantu tugas dan tanggungjawabnya sebagai PJ Bupati Ende di kemudian hari.

Ada beberapa pejabat yang akan mengisi dan menempatkan posisi dinas yang sampai saat ini masih lowong, dan ada beberapa pejabat eselon II juga yang dikabarkan akan dipromosikan dan menempati jabatan staf ahli.

Mustaqim Mberu ( Staf ahli bupati)
Mustaqim Mberu ( Staf Ahli Bupati ) 

Salah satu sumber pejabat di Ende kepada media ini menegaskan, dalam kabinet bayangan tersebut, ada 3 pejabat eselon 2 yang selama ini menjadi “anak emas” Bupati Djafar bakal ditempatkan menjadi staf ahli.

“Nanti semuanya pakai prosedur lelang jabatan, namun para pejabat yang bakal menempati jabatan itu sudah bisa diprediksi,“paparnya.

Menurutnya, dalam kabinet bayangan tersebut, Hiparkus Hepi yang saat ini menjandi Asisten III Setda Ende bakal dipromosikan menjadi Plt.Sekertaris Daerah Kabupaten Ende. Asisten III bakal tempati oleh Marinus Satban yang saat ini menjadi Kepala Dinas Pariwisata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum bakal ditempati oleh Andreas Woro, S.T,M.T, menggatikan posisi Mustaqim Mad Mberu ,St,MT yang bakal menempati posisi baru sebagai staf ahli bupati.

dr. Aries Dwi Lestari ( Staf Ahli Bupati)
banner 325x300